Pemberitahuan Privasi
BNI Life berkomitmen untuk melindungi informasi rahasia dan mematuhi hukum privasi yang berlaku di mana BNI Life beroperasi.
Pemberitahuan Privasi
BNI Life berkomitmen untuk melindungi informasi rahasia dan mematuhi hukum privasi yang berlaku di mana BNI Life beroperasi.

Kami, PT BNI Life Insurance (“Perusahaan”/”Kami”) adalah pengendali data pribadi Anda. Dalam kapasitas ini, kami bertanggung jawab atas pengumpulan, penggunaan, pemrosesan, dan pelindungan data pribadi yang Anda berikan kepada kami. Pemberitahuan privasi ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang jelas mengenai bagaimana kami mengelola data pribadi Anda sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk tetapi tidak terbatas pada Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi. Jika ke depannya Kami bertindak sebagai Prosesor Data Pribadi, maka sesuai Undang-Undang yang berlaku, Kami berkewajiban untuk melakukan pemrosesan data pribadi sesuai dengan perintah Pengendali Data Pribadi dan mematuhi segala ketentuan yang telah diatur Undang-Undang dan Perusahaan, serta Kami bertanggung jawab atas segala aktivitas pemrosesan data pribadi.

Subjek data pribadi mencakup calon nasabah atau nasabah, rekanan, pelamar kerja atau karyawan, calon agen atau agen, dan/atau subjek data pribadi lain yang datanya diproses oleh Perusahaan.

Pemberitahuan privasi ini mulai berlaku efektif sejak Anda memberikan persetujuan atas Pemberitahuan Privasi ini dengan cara-cara yang disebutkan di dalam Pemberitahuan privasi ini.

Bagian A – Data Pribadi yang Perusahaan Kumpulkan

Dalam menjalankan kegiatannya, Perusahaan, baik secara elektronik maupun non-elektronik, akan melakukan aktivitas pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan, penggunaan, dan atau pengalihan data pribadi subjek data pribadi yang bersifat umum dan/atau spesifik (sesuai tujuan penggunaan yang relevan). Subjek data pribadi mencakup calon nasabah atau nasabah, mitra bisnis, pelamar kerja atau pegawai, calon agen atau agen, dan/atau subjek data pribadi lain yang datanya diproses oleh Perusahaan.

Kami berhak mengumpulkan dan memproses Data Pribadi yang bersifat umum dan/atau spesifik sebagaimana rincian data pribadi berikut:

  • Rincian informasi Data Pribadi dan kontak yang meliputi: nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, alamat rumah dan kantor, Jenis Identitas Diri (KTP, Paspor, dll), Nomor Identitas Diri, nomor telepon (Rumah, Kantor, dan HP), surel/email;
  • Pekerjaan & jabatan, institusi tempat anda bekerja, penghasilan kotor tahunan, sumber dana pembayaran premi, uang pertanggungan dan premi asuransi;
  • Rincian kondisi finansial Anda, seperti gaji, informasi tabungan, pengeluaran, dan penghasilan tambahan lainnya;
  • Informasi jenis properti yang Anda miliki;
  • Rincian dari setiap penerima manfaat, seperti dan dari produk dan/atau layanan yang kami miliki, juga termasuk yang Anda gunakan, dan terkait metode pembayaran;
  • Informasi pajak (apabila relevan dengan produk atau layanan);
  • Informasi dari setiap klaim yang telah dibayarkan atau tidak dibayarkan;
  • Informasi catatan atau dugaan pelanggaran hukum, seperti: utang, penipuan, pencurian, dan kasus dugaan lainnya;
  • Riwayat kesehatan dan/atau informasi keuangan, riwayat pendidikan, foto pribadi, genetika, biometrik, serta orientasi seksual;
  • Status pernikahan, keluarga, gaya hidup yang termasuk didalamnya mengenai jumlah tanggungan yang Anda miliki atau jika Anda seorang janda atau duda;
  • Rincian informasi data anggota keluarga, termasuk nama ibu kandung dan anak (jika relevan);
  • Riwayat komunikasi Anda dengan kami yang tersimpan pada nomor telepon layanan pengaduan pelanggan;
  • Informasi anak dan penyandang disabilitas. Bagi anak berusia di bawah 18 tahun, kami akan meminta persetujuan dari orang tua atau wali anak sebelum memproses data pribadi anak tersebut. Bagi penyandang disabilitas, kami menyelenggarakan komunikasi khusus untuk memperoleh persetujuan dari yang bersangkutan dan/atau walinya;
  • Informasi data yang dihimpun dari lembaga dan pihak ketiga;
  • Catatan perjanjian atau kontrak: Rincian perjanjian atau kontrak yang pernah ditandatangani dengan Perusahaan, yang dapat mencakup persetujuan terkait pemrosesan data pribadi;
  • Geolokasi jika nasabah menggunakan aplikasi seluler yang dapat melacak lokasi;
  • Rincian pembayaran (informasi detail terkait rekening bank, kartu kredit, atau metode pembayaran lainnya yang digunakan oleh nasabah dalam bertransaksi dengan Perusahaan);
  • Rekam jejak digital (informasi terkait aktivitas online nasabah, termasuk riwayat penggunaan aplikasi atau situs web Perusahaan, alamat IP, dan cookies yang digunakan untuk keperluan analitik dan pemasaran);
  • Informasi data kami peroleh dari Lembaga Penyedia Referensi Kredit (Bank Indonesia), termasuk riwayat kredit publik (misalnya, wanprestasi) dan sejarah kredit bersama, situasi keuangan, dan riwayat keuangan;
  • Informasi catatan kriminal, termasuk dugaan pelanggaran;
  • Informasi pribadi lainnya yang diizinkan oleh atau diwajibkan untuk mematuhi undang-undang, aturan, peraturan lokal atau asing yang berlaku, atau otoritas lainnya baik di Indonesia atau di negara lainnya, sebagaimana dapat diubah dari waktu ke waktu (“Hukum Yang Berlaku”).

Bagian B - Dari mana Sumber Data Pribadi

Perusahaan memperoleh data pribadi Anda dari beberapa sumber, di antaranya:

  • Secara langsung dari Anda, anggota keluarga, perusahaan tempat Anda bekerja, rekanan, atau penerima manfaat produk dan layanan;
  • Informasi tentang Anda yang dihasilkan ketika Anda menggunakan produk dan layanan kami;
  • Dari broker atau perantara lainnya (misalnya, Mitra Bisnis Agency, distributor, mitra bisnis) yang bekerja sama dengan kami untuk menyediakan produk atau layanan atau penawaran kepada Anda atau dari rekanan lainnya setelah mendapatkan persetujuan dari Anda;
  • Perusahaan Grup jika Anda sudah memiliki produk, pernah mengajukan satu produk atau layanan atau pernah memilikinya sebelumnya;
  • Pihak ketiga seperti perusahaan asuransi, perusahaan reasuransi, Mitra Bisnis Agency, vendor, lembaga keuangan, tenaga medis atau konsultasi medis, pengadilan atau catatan publik;
  • Dari Anda saat mengisi informasi kontak pada kegiatan job fair, survei, konferensi investor, roadshow atau ketika Anda memperbarui formulir kontak kami di situs web kami;
  • Cookie, layanan lokasi, alamat IP ketika Anda mengunjungi situs web atau aplikasi seluler kami atau ketika Anda mengisi formulir kontak kami di dalam situs web atau aplikasi atau sistem elektronik kami;
  • Dari sumber lain seperti Lembaga pemberi pinjaman lain, direktori dan informasi yang tersedia untuk umum (misalnya, direktori telepon, media sosial, internet, artikel berita), pemulihan hutang dan/atau agen penelusuran, organisasi lain untuk membantu dalam pencegahan dan deteksi kejahatan, polisi dan lembaga penegak hukum.

Bagian B.1 – Kebijakan Cookie

Cookie yang digunakan oleh situs web ini mengumpulkan data anonim yang bersifat kustomisasi, seperti alamat IP, informasi login, dan sistem operasi yang digunakan. Oleh karena itu, tidak ada informasi pribadi seperti nama, alamat, atau data lainnya yang dapat digunakan oleh pihak ketiga untuk menghubungi Anda melalui telepon, email, atau bentuk komunikasi lainnya yang disimpan dalam cookie. Namun, jika Anda memilih untuk memblokir penggunaan cookie melalui pengaturan pada browser Anda, harap diperhatikan bahwa hal ini dapat mempengaruhi pengalaman Anda dalam menggunakan situs web atau layanan online kami. Misalnya, Anda mungkin mengalami kesulitan dalam melakukan transaksi di situs web BNI Life atau membutuhkan waktu lebih lama untuk mengakses data tambahan.

Bagian C – Bagaimana Perusahaan Memanfaatkan Informasi Pribadi Anda dan Alasannya

BNI Life (Perusahaan) tidak akan mengumpulkan informasi apapun yang mengidentifikasikan identitas pribadi Anda sampai Anda memutuskan untuk membeli produk asuransi kami, mendaftar sebagai anggota, dan/atau memberikan informasi untuk tujuan aplikasi pekerjaan.

Pengumpulan data pribadi oleh Perusahaan dilakukan sesuai dengan jenis aktivitas dan produk layanan yang ditawarkan, dengan tetap mematuhi hukum pelindungan data pribadi yang berlaku, termasuk, namun tidak terbatas pada tujuan:

Tujuan Dasar Hukum untuk Pemrosesan
Untuk administrasi dan pemberian layanan kepada pengelolaan data tenaga pemasar, pegawai, vendor, dan nasabah. Diperlukan untuk pelaksanaan kontrak Kami dengan Anda atau untuk mengambil langkah-langkah sebelum menandatangani kontrak dengan Anda, berdasarkan Persetujuan yang Anda berikan. Setelah kontrak selesai, Kami memiliki kepentingan yang sah dalam menjaga dan mengembangkan hubungan kami dengan Anda.
Untuk keperluan dalam proses rekrutmen pegawai dan tenaga pemasar baru.
Untuk proses seleksi dan evaluasi vendor yang bekerja sama dengan Perusahaan.
Untuk tujuan statistik dan penelitian guna meningkatkan layanan dan produk. Kami tertarik secara sah untuk merancang dan memperbaiki produk, menyediakan layanan bernilai tambah, mengembangkan bisnis, serta memahami cara penggunaan produk Kami.
Untuk kegiatan penawaran terkait produk asuransi, jasa keuangan, atau produk terkait lainnya. Berdasarkan persetujuan Anda.
Untuk memenuhi kewajiban hukum yang diatur oleh undang-undang. Kepatuhan atas kewajiban hukum Kami.

Bagian C.1 – Mengapa Kami Membagikan Data Pribadi dan Kepada Siapa

Kami membagikan informasi pribadi Anda sesuai kebutuhan yang relevan, kepada mitra bisnis finansial/kesehatan, serta penyedia layanan pihak ketiga. Ini termasuk, namun tidak terbatas pada: pihak internal/entitas yang tergabung dalam BNI Group, perantara asuransi apapun yang memiliki perjanjian keagenan atau broker dengan Perusahaan, asosiasi dan federasi industri asuransi yang ada dari waktu ke waktu, agen, kontraktor atau pihak ketiga penyedia layanan yang menyediakan administratif, telekomunikasi, komputer, pembayaran atau jasa lainnya kepada perusahaan sehubungan dengan kegiatan operasi bisnis perusahaan, setiap lembaga atau agen penagih utang, setiap perusahaan yang melakukan asuransi dan/atau bisnis reasuransi terkait, setiap investigator klaim asuransi, penyedia layanan lain yang menyediakan asuransi dan/atau bisnis reasuransi terkait, penyedia layanan kesehatan, setiap instansi referensi kredit, dan otoritas.

Apabila diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Perusahaan mungkin perlu membagikan data pribadi Anda kepada lembaga pemerintahan. Setiap transfer data pribadi Anda akan selalu dilakukan secara aman sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kami menerapkan berbagai langkah pengamanan teknis dan administratif guna memastikan bahwa data pribadi yang Anda berikan kepada kami tetap aman dan terlindungi dari akses, pengungkapan, atau pemrosesan yang tidak sah.

Sepanjang kami mentransfer data pribadi Anda ke luar negeri (Transfer data Internasional), Perusahaan akan menggunakan pengamanan yang tepat dan mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bagian C.2 – Penyimpanan Data Pribadi

Kami perlu menyimpan data pribadi Anda sebagai subjek data pribadi dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan ketentuan retensi data internal perusahaan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ada pula pengecualian dalam penghapusan atau pemusnahan data pribadi dapat berlaku dalam hal keperluan pembuktian di kemudian hari, kewajiban perpajakan, kebutuhan audit dan akuntansi, penyelesaian sengketa atau klaim hukum yang sedang berlangsung atau potensial, pemenuhan kewajiban kontrak atau perjanjian antara perusahaan dan subjek data, penegakan hak perusahaan, seperti hak atas kekayaan intelektual atau hak-hak lainnya, pengolahan data untuk tujuan penelitian atau statistik, dengan syarat data tersebut dianonimkan atau dilindungi, keperluan pelaporan kepada lembaga pemerintah atau badan regulasi yang relevan, keamanan dan integritas sistem teknologi informasi perusahaan.

Bagian D – Personalisasi Profil Anda secara Otomatis

Kami dan pihak internal/entitas yang tergabung dalam BNI Group, apabila diperlukan, dapat menggunakan data pribadi Anda untuk membuat keputusan otomatis yang memengaruhi Anda atau untuk melakukan profiling lain (misalnya, profil pemasaran)

Bagian E – Hak-Hak Anda

Subjek data memiliki hak untuk meminta kepada Perusahaan sebagai berikut:

  • Mendapatkan akses dan memperoleh salinan data pribadi dan informasi tentang bagaimana PT BNI Life Insurance menggunakannya;
  • Menarik kembali persetujuan ini kapan saja tanpa mempengaruhi keabsahan pemrosesan yang telah dilakukan sebelum penarikan persetujuan. Penarikan persetujuan dapat disampaikan melalui prosedur yang telah ditetapkan oleh PT BNI Life Insurance;
  • Melengkapi, memperbarui, dan/atau memperbaiki data pribadi yang telah diberikan kepada PT BNI Life Insurance untuk memastikan keakuratan dan kelengkapan informasi;
  • Memperoleh informasi lebih lanjut mengenai pemrosesan data pribadi, termasuk tujuan, penggunaan, dasar hukum, dan rincian pihak ketiga yang menerima data pribadi tersebut, jika relevan;
  • Mengakhiri pemrosesan, menghapus, dan/atau memusnahkan data pribadi sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • Mengajukan keberatan atas atas tindakan pengambilan keputusan yang hanya didasarkan pada pemrosesan secara otomatis, termasuk pemrofilan, yang menimbulkan akibat hukum atau berdampak signifikan pada kami;
  • Menunda atau membatasi pemrosesan data pribadi secara proporsional sesuai dengan tujuan pemrosesan;
  • Menggunakan dan mengirimkan data pribadi Anda kami kepada organisasi lain dalam format yang dapat dengan mudah dibaca secara elektronik;
  • Mengajukan gugatan dan menerima ganti rugi atas pelanggaran Pemrosesan Data Pribadi tentang Anda yang telah terbukti secara hukum dilakukan oleh Kami sesuai ketentuan yang berlaku;

Bagian F - Mewakili Orang Lain

Jika Anda ingin memberikan data pribadi orang lain kepada kami, mohon pastikan bahwa Anda sudah mendapatkan izin dan wewenang dari orang tersebut untuk bertindak atas nama mereka. Ini juga termasuk persetujuan bagi kami untuk memproses data pribadi mereka, termasuk data pribadi yang bersifat spesifik, serta pemberitahuan terkait perlindungan informasi atas nama mereka.

Bagian G - Pemasaran

Perusahaan mungkin menggunakan data pribadi Anda untuk tujuan pemasaran, dengan maksud menawarkan produk atau layanan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pemasaran ini bisa dilakukan melalui berbagai saluran komunikasi yang Anda setujui, seperti:

  • Surat;
  • Email;
  • SMS;
  • Telepon;
  • Media komunikasi digital atau elektronik lainnya.

Bagian H - Cara Menghubungi Kami

Untuk melakukan konsultasi, keluhan dan menggunakan hak Anda yang ditetapkan di dalam Pemberitahuan privasi ini, Anda dapat menghubungi kami pada:

Contact Center Inbound: 1-500-045

Email Nasabah Individu: care@bni-life.co.id

Live Chat: www.bni-life.co.id

Sosial Media: www.bni-life.co.id/id/customer_care

Walk-In Head Office: PT BNI Life Insurance Centennial Tower Lt.10 Jl. Gatot Subroto Kav. 24-25 Jakarta – 12930

Helpline: 021-2953 7676

Surat ke Alamat: PT BNI Life Insurance Centennial Tower Lt.10 Jl. Gatot Subroto Kav. 24-25 Jakarta – 12930

Perusahaan akan mengambil semua langkah praktis untuk memastikan keamanan data pribadi dan untuk menghindari akses, penghapusan, atau penggunaan lain yang tidak sah atau tidak disengaja.

Bagian I - Pembaruan Kebijakan Privasi

Kami dapat memperbarui Pemberitahuan privasi secara berkala di situs web kami. Kami menyarankan Anda untuk memeriksa halaman Pemberitahuan privasi kami secara berkala untuk dapat mengetahui pemberitahuan privasi yang telah dikinikan