close

Halo, selamat pagi!
Apa yang Anda butuhkan?

Pertama, sedikit tentang diri Anda.
Siapa nama lengkap Anda?

Nama saya

Hai, !
Berapa usia Anda?

Saya berusia tahun

Pilih tahap kehidupan
yang sedang Anda jalani.

Pada tahap ini, apakah Anda
memiliki tanggungan?

Berapa rata-rata penghasilan
Anda per tahun?

Pilih solusi perlindungan
yang sesuai tahap kehidupan Anda.

Solusi perlindungan untuk Anda

FAQ

Lihat pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh nasabah kami, seputar asuransi dan produk-produk BNI Life yang bisa berguna untuk Anda.

    Kategori

  • Claim 25 Menit
  • Service Support
  • Claim Support
  • Provider Relation dan Provider Help Desk
  • Claim Reimbursement
  • Claim Provider
  • Claim Life (Individu dan Kumpulan)

Kontak

Tidak menemukan pertanyaan dan jawaban yang Anda inginkan dari kategori yang ada? Hubungi Customer Care dan tim kami akan menghubungi Anda dalam waktu 1x24 jam.

hubungi kami

Claim 25 Menit

Pada klaim 25 menit dengan kondisi dimana tindakan operasi gigi (Odontectomy) tidak dilakukan panoramic dengan keterangan pada rincian biaya tidak perlu dilakukan panoramic, apakah dapat tetap di proses pembayarannya?

Dapat, selama indikasi medis dilakukan tindakan odontectomy sudah dituliskan dengan jelas oleh dokter yang merawatnya.

Apakah pengajuan klaim 25 menit dapat diajukan melalui messenger ?

Tidak bisa, karena salah satu persayaratan pengajuan klaim 25 menit adalah diwajibkan datang langsung ke customer care BNI Life atau dapat diwakilkan oleh anggota dari keluarga inti (pasangan /anak).

Apakah persyaratan pengajuan klaim 25 menit?

Syarat pengajuan klaim 25 menit terdiri dari :
-Kuitansi asli dan sah atas biaya perawatan
-Perincian biaya perawatan
-Kuitansi pembelian obat
-Copy resep obat
-Kuitansi pemeriksaan laboratorium /  pemeriksaan penunjang diagnostik dengan hasilnya
-Perincian pemerikasaan laboratorium / pemeriksaan penunjang diagnostik
-Resume medis
-Pengajuan klaim dengan nominal hingga Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah).

Bagaimana alur proses pengajuan klaim 25 menit?

Alur klaim melalui Service Support :
1.Nasabah membawa  berkas lengkap pengajuan klaim ke BNI Life
2.Service support BNI Life melakukan verifikasi pembayaran klaim
3.Branch operation melakukan checker & approval pembayaran klaim
4.Finance controller melakukan transfer dana klaim nasabah
5.Nasabah langsung menerima dana.


Alur klaim melalui Customer Case Center :
1.Nasabah membawa berkas lengkap pengajuan klaim ke BNI Life
2.Walk in Customer Service BNI Life melakukan verifikasi pembayaran klaim
3.Leader melakukan checker pembayaran klaim lalu mengirimkan email ke Branch Coordination & Finance Controller
4. a.Finance Controller melakukan transfer dana klaim nasabah
    b.Branch Coordination menerima email dari Leader Customer Service kemudia melakukan approval pembayaran klaim
5.Nasabah langsung menerima dana.


Apakah ada formulir yang harus diisi oleh customer pada saat mengajukan klaim 25 menit?

Ada, formulir di download pada Website BNI Life tetapi pengisian form tersebut harus dilakukan di hadapan petugas WICC (Work In Customer Care).

Berapakah SLA klaim 25 menit?

25 menit terhitung sejak dokumen klaim lengkap diverifikasi oleh petugas WICC dan selama rekening yang digunakan adalah rekening in house BNI Life (BNI, BRI, Mandiri, BCA).

Apabila persyaratan pengajuan klaim 25 menit tidak dapat dipenuhi, bagaimana perlakuan selanjutnya?

Pengajuan klaim reimbusment diperlakukan sebagai klaim reguler.

Service Support

Benefit apa saja yang diterima Pegawai BNI dan Pensiunan BNI?

Benefit untuk Pegawai Aktif adalah Rawat Inap, Rawat Jalan dan Perawatan Darurat karena Kecelakaan, operasi kecil rawat jalan, medical check up, hemodialisa, rawat mata, rawat lahir, KB dan alat bantu.

Benefit untuk Pensiunan adalah rawat inap, hemodialisa, operasi kecil rawat jalan, perawatan darurat kecelakaan, rawat mata dan alat bantu.

Hari ini saya mendapatkan promosi kenaikan jenjang, bagaimana prosedurnya agar level kepesertaan Askes saya dapat dirubah ?

Bila telah terdaftar pada relaas kepegawaian maka relaas bisa di kirimkan ke BNI Life untuk di update data kepesertaan pegawai sesuai dengan jenjang yang di jabat peserta saat ini. Kirimkan relaas via email ke ptg@bni-life.co.id atau di fax ke no 021-53667693 dengan UP ibu Indah bag.underwriting. Bila belum terdaftar pada relaas kepegawaian maka peserta bisa kirimkan SK pengangkatan dan surat pengantar dari cabang / wilayah mengenai status pengangkatan peserta, dan kami akan melakukan konfirmasi dengan pihak SDM Bank BNI pusat.

Syarat apa saja yang dibutuhkan agar bisa melakukan Reimbursement mengingat bayi kami belum terdaftar (proses pembuatan akte baru selesai 1-2 bulan) dimana batas Reimbursement adalah 60 hari sejak tanggal kwitansi? Saat ini kami memiliki surat kelahiran bayi

Syarat yang dapat dilakukan adalah mengurus relaas secepatnya atas nama anak yang terdaftar dalam fasilitas kesehatan dengan jangka waktu 60 hari dari tanggal kuitansi sampai dengan pengajuan diterima BNI LIFE, sehingga apabila klaim diterima BNI Life dapat langsung diproses dikarenakan atas nama anak anda telah terdaftar. Alternatif lainnya, Bapak / ibu bisa mengajukan klaim an. Anak tsb terlebih dahulu, sambil mengurus proses pembuatan akte. Walaupun nanti klaim bapak /ibu kami pending karena nama anak belum terdaftar, tapi bapak / ibu masih bisa mengajukan kembali klaim tersebut dengan melampirkan relaas kepegawaian yang sudah terdaftar nama anaknya. Bila pengajuan klaim kembali telah melebihi waktu pengajuan klaim, mohon di sertakan dengan surat pernyataanmengenai kronologis mengapa klaim bapak / ibu baru bisa diajukan kembali.

Sepertinya anak kedua kami belum terdaftar di BNI LIFE padahal dari 2 minggu sejak kelahiran, anak tersebut sudah kami daftarkan di SDM BNI dengan melampirkan akta kelahiran dan relaas pegawai (aster/hcsm) sudah terlihat bahwa anak kedua sudah terdaftar. Kwitansi yang saya kirimkan apakah tidak bisa diproses kembali

Untuk klaim anak yang baru lahir, pada saat BNI Life proses memang nama ybs belum terdaftar, karena BNI Life belum menerima data peserta yang up date dari SDM BNI. Klaimnya dapat diajukan kembali dengan melampirkan relaas pegawai yang tertera nama anak. Relaas dapat dikirim ia fax/email, untuk update peserta lebih cepat.

Hari ini saya mendapatkan promosi kenaikan jenjang, bagaimana prosedurnya agar level kepesertaan Askes saya dapat dirubah ?

Untuk saat ini masih pending dikarenakan ukuran lensa ibu melebihi stadar ukuran di kami, mohon dibantu dengan surat keterangan Dokter yang menyatakan bahwa ukuran lensa kacamata ibu benar (contohnya add +2.00). Bila pengajuan klaim RM peserta ukuran lensanya berbeda dengan ukuran lensa tahun sebelumnya maka mohon dilengkapi dengan penjelasan tertulis dari dokter SpM mengenai perubahan ukuran tersebut.

Saya pensiunan BNI, apabila klaim rawat jalan dan operasi katarak saya dicover?

Rawat jalan biasa tidak dicover karena Pensiunan tidak ada benefit Rawat Jalan kecuali rawat jalan tersebut masih berhubungan dengan rawat inap sebelumnya (klaim pre dan pasca RI) maka dapat di cover. Untuk operasi katarak masuk ke benefit Rawat Inap.

Saya mendapatkan surat mengenai status klaim saya yaitu adanya permintaan berkassebagai persyaratan proses verifikasi lanjutan, apa yang harus saya lakukan agar klaim saya cepat diproses pembayarannya?

Untuk pengajuan klaim peserta yang status klaimnya di pending, kami minta kelengkapan klaim yang belum terdapat saat peserta mengajukan klaim. Kelengkapan ini kami perlukan sebagai salah satu persyaratan pengajuan klaim. Bila kelengkapan yang telah peserta lengkapi ternyata  masih kurang lengkap dan membutuhkan verifikasi lanjutan maka klaim tetap kami pending dan peserta tetap berkewajiban melengkapi klaimnya.

Bagaimana cara mengetahui klaim saya telah diterima berkasnya oleh BNI LIFE serta bagaimana saya bisa mengupdate status klaim saya?

Untuk mengetahui apakah klaim sudah diterima BNI LIFE, Bapak / ibu bisa menghubungi LO kami yang di tempatkan di masing-masing wilayah bank BNI mengenai status pengajuan klaimnya. 

Untuk mengupdate status klaim dapat melakukan pengecekan melalui situs www.bni-life.co.id/askes. Nomor peserta gunakan NPP bagi pegawai aktif harus 7 digit, contohnya 0012345 atau bagi pensiunan harus 6 digit (conto054321). Untuk login pertama kali gunakan tanggal lahir dengan format (dd/mm/yyyy) contoh (17/08/1945).

Bagaimana cara mengetahui klaim saya telah dibayarkan oleh BNI LIFE dan Berapa lama proses pembayaran klaim saya?

Bapak / ibu bisa memantau proses pembayaran klaimnya melalui LO kami atau dapat melihat di site BNI Life (HCMS). Proses pembayaran klaim adalah 10 hari kerja sejak pengajuan klaim kami terima.

Bagaimana cara mengetahui status kartu Peserta saya apakah sudah dikirim atau belum?

Bapak / ibu bisa melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan bag.umum, karena pengiriman kartu askes peserta kami kirimkan ke alamat dinas peserta dengan UP bag.umum. Bila ternyata bag.umum belum menerima kartu tersebut, bapak / ibu bisa menanyakannya kepada petugas kami yaitu LO di masing-masing wilayah BNI, nanti LO kami yang akan melakukan koordinasi dengan BNI Life pusat.

Mohon jelaskan kepada saya kenapa klaim saya ada yang dipending dan ditolak padahal semua persyaratan yang diharuskan sudah saya penuhi ?

Mohon maaf sebelumnya atas ketidak nyamanannya. Kalau boleh saya tahu untuk pengajuan apa klaim bapak / ibu kami pending dan ditolak? Ada beberapa alasan klaim peserta kami lakukan penolakan seperti pengajuan klaim yang melebihi batas kadaluarsa, klaim yang melebihi sisa benefit plafon peserta untuk RJ, klaim yang tidak ada indikasi medis untuk dilakukan RI, pengajuan klaim yang tidak sesuai dengan ketentuan seperti imunisasi untuk anak usia >1tahun, klaim yang sifatnya untuk kesuburan, kosmetik, pembelian suplemen dll. Untuk klaim yang terpending biasanya pengajuan klaim peserta untuk kelengkapan klaimnya masih ada yang kurang, seperti pengajuan klaim RI peserta yang menempati kelas diatas hak kelasnya, maka klaim kami pending untuk dilengkapi dengan perincian biaya tariff kamar yang sesuia dengan kelas peserta untuk kami kenakan selisih kelas.

Kartu peserta saya hilang, apa yang harus saya lakukan untuk memperoleh penggantiannya?

Peserta kirimkan surat permohonan pembuatan kartu askes yang baru dilampiri dengan relaas kepegawaian via email atau fax yang di tujukan ke unit underwriting melalui email ptg@bni-life.co.id atau fax ke nomor 021-53667693.

Saya ingin melakukan Operasi Lasik, apakah biaya operasi saya akan diganti?

Untuk operasi lasik akan di cover dengan benefit RI, dengan ketentuan minus mata peserta minimal -9.00 atau perbedaan minus mata kiri dan kanan minimal -5.00.

Bagaimana prosedur pembayaran klaim rawat jalan ASO dan apabila saya ingin mengetahui progress klaim ASO saya bagaimanakah caranya?

Prosedur pembayaran klaim rawat jalan ASO sama seperti proses pembayaran klaim askes yaitu 10 hari kerja sejak klaim peserta kami terima. Bapak / ibu bisa memonitor dari site BNI Life (HCMS) atau dapat menanyakan kepada LO kami di masing-masing wilayah.

Berdasarkan table Rawat Jalan ASO, terdapat benefit yang diberikan penggantian diataranya adalah “Perawatan Gigi Dasar”, apa sajakah yang termasuk dalam kategori “Perawatan Gigi Dasar” tersebut?

Yang termasuk dalam perawatan gigi dasar adalah scalling (pembersihan karang gigi), perawatan saluran akar, penambalan gigi dan pencabutan gigi.

Apabila Anak yang belum dilaporkan kelahiran ditolak klaimya, apa yang harus kami lakukan?

Bila jumlah anak yang terdaftar pada relaas kepegawaian peserta belum 3 orang, maka peserta masih bisa mendaftarkannya ke SDM BNI pusat, atau bila anak yang terdaftar sudah 3 orang tapi anak yang pertama berusia 25 tahun atau sudah bekerja, sedangkan jumlah anak peserta keseluruhannya adalah 4 orang, maka peserta bisa menggantikan posisi anak pertama dengan terakhir untuk pengcoveran askesnya dan daftarkan ke SDM BNI pusat. Bila nama anak telah terdaftar maka klaim yang sebelumnya di tolak bisa diajukan kembali dengan melampirkan relaas kepegawaian dan surat kronologis kenapa klaim baru diajukan kembali bila telah melebihi batas kadaluarsa pengajuan klaim. Bila tidak melebihi batas kadaluarsa pengajuan kembali, peserta cukup lampirkan relaas kepegawaian dimana nama anak telah terdaftar.

Mohon dijelaskan prosedur pengajuan laim OJT dan COB

Untuk karyawan kontrak & OJT hanya dilakukan pengcoveran RJ-ASO & personal accident (PA) saja. Bila peserta kontrak & OJT mengajukan klaim selain klaim RJ-ASO & PA klaimnya akan kami tolak, tidak dilakukan pengcoveran. Untuk pengajuan COB bagi peserta yang memiliki double insurance, bila asuransi yang dimiliki adalah asuransi kumpulan (korporasi) maka yang diajukan adalah surat permohonan COB yang isinya nama, npp, alamat penerimaan COB, jumlah tagihan dan nama RS tempat peserta melakukan perawatan. Lalu lampirkan surat keterangan dari asuransi sebelumnya mengenai berapa yang telah dilakukan pengcoveran untuk tagihan RSnya dan dilampiri dengan copy legalisir kwitansi pengobatan. Sedangkan untuk pengajuan COB untuk asuransi individu peserta cukup mengirimkan surat keterangan permohonan COB saja.

Mohon penjelasan mengenai Selisih Kelas?

Bila peserta melakukan RI di RS dan menempati kamar diatas hak kelasnya maka akan kami selisihkan dengan hak kelas peserta. Sebagai contoh, hak peserta kelas 2A dan di RS tidak terdapat kelas 2A/2B hanya ada kelas 2 saja, maka hak peserta di kelas 2. ternyata kelas 2 di RS tersebut penuh dan peserta menempati kelas 1. Bila kelas penuh kami memberikan toleransi selama 2 hari pertama bagi peserta menempati kelas di atas haknya. Dan kami akan melakukan selisih kelas dari kelas 1 ke kelas 2 di hari ketiga dan seterusnya.

Bagaimana prosedur yang cepat dan tepat apabila kami ingin keluar dari Rumah Sakit?

Untuk perawatan dengan system provider atau surat jaminan BNI Life maka pihak RS yang seharusnya menghubungi CC BNI Life mengenai rencana kepulangan peserta. Setelah informasi kami dapatkan dari pihak RS mengenai tindakan, pemberian obat dan diagnose lengkap dilakukannya RI serta tagihan RS maka kami akan mengeluarkan surat jaminan dan meng ACC kepulangan peserta. Bila pihak RS kesulitan menghubungi kami, pihak RS bisa mengirimkan data kepulangan pasien melalui fax ke no 021-53667688.

Ditempat saya tidak ada alat yang dibutuhkan untuk perawatan lanjutan, bagaimana ketentuan mengenai perjalanan RI atau MCU?

Untuk pengcoveran biaya perjalanan RI atau MCU peserta, bisa dilakukan apabila tidak terdapat fasilitas medis memadai di wilayah peserta tinggal dan dokter ahli di wilayah tersebut menyatakan tidak dapat menangani kasus penyakitnya. Sebelumnya peserta harus membuat surat permohonan persetujuan biaya perjalanan RI / MCU kepada BNI Life dilampiri dengan surat rekomendasi dari dokter yang melakukan perawatan terhadap peserta, bila peserta berencana melakukan perawatan di luar negeri maka harus mendapatkan persetujuan dari Direksi Bank BNI melalui SDM BNI pusat, yang sebelumnya telah mendapatkan persetujuan tertulis dari BNI life. Untuk biaya perjalanan MCU keluar kota hanya di berikan bagi jenjang Manager ke atas yang sebelumnya telah memperoleh ijin tertulis oleh BNI Life, sedangkan biaya perjalanan MCU ke luar negeri tidak di cover untuk semua jenjang.

Saya pegawai BNI, bisakah saya mengajukan lensa kacamatanya dikeranakan ada kenaikan ukuran. Namun beberapa bulan kemudian (pada periode polis yang sama) saya ingin mengajukan framenya saja? Jika bisa, berkas apa yang harus saya lampirkan untuk pengajuan tersebut?

Dapat, dengan melampirkan surat rekomendasi dari pimpinan unit yang berisi alasan pembelian frame tersebut.

Jika peserta sudah mendapatkan kartu dikarenakan proses New Bisnis / Renewal, untuk RI & RJ bagaimana prosesnya?

untuk kasus rawat inap dan lahir dapat dijaminkan secara manual terlebih dahulu oleh BNI Lfe atau Admedika, selain plan tersebut diatas dapat diajukan secara reimbursement.

jika peserta belum terdaftar pada data kepesertaan BNI Life dan belum mendapatkan kartu dikarenakan proses NB dan Renewal, untuk RI & RJ bagaimana prosesnya ?

Untuk kasus rawat inap dan lahir harus ada surat permintaan full cover dari pihak perusahaan ke BNI Life, selain plan tersebut diatas dapat diajukan secara reimbursement.

Claim Support

Bagaimana prosedur pengajuan permohonan Coordination of Benefit (COB) dimana BNI Life sebagai penjamin pertama ?

Prosedur pengajuan permohonan Coordination of Benefit dimana BNI Life sebagai penjamin pertama adalah sebagai berikut :

  1. Mengisi  formulir pengajuan Coordination Benefit secara lengkap dan jelas
  2. Pengiriman surat COB dikirimkan ke pihak perusahaan tempat peserta bekerja
  3. Proses penerbitan surat COB maksimal 14 hari dari berkas diterima oleh BNI Life
Bagaimana cara untuk mendapatkan notifikasi pembayaran melalui sms?

Cara untuk mendapatkan Notifikasi pembayaran melalui SMS adalah dengan mendaftarkan nomor handphone yang aktif melalui contact center BNI Life 1-500-045. Informasi sms yang diterima hanya untuk pembayaran dengan pentransferan klaim ke rekening peserta

Dokumen apa saja yang diperlukan untuk pengajuan klaim meninggal dunia / santunan duka?

Dokumen yang diperlukan untuk pengajuan klaim meninggal dunia / santunan duka adalah sebagai berikut :

  1. Formulir pengajuan klaim BNI Life
  2. Surat pengantar dari perusahaan dan mencantumkan nomor rekening ahli waris 
  3. Surat keterangan kematian / akte kematian dari RT/RW setempat
  4. Surat keterangan dari rumah sakit (meninggal di rumah sakit)
  5. Berita acara pemeriksaaan (BAP) meninggal karena kecelakaan
  6. Salinan/foto copy kartu keluarga
Bagaimana cara untuk melakukan perubahan alamat korespondensi / email PIC perusahaan ?

Cara untuk melakukan perubahan alamat korespondensi / email PIC perusahaan adalah dengan mengirimkan perubahan alamat korespondensi tersebut melalui email care@bni-life.co.id dan care.eb@bni-life.co.iddan melalui telepon contact center BNI Life 1-500-045

Untuk klaim rawat inap dan rawat jalan, apakah harus menggunakan rumah sakit yang ditunjuk oleh asuransi ?

Tidak ada batasan untuk rumah sakit yang dipergunakan baik di dalam maupun luar negeri sejauh rumah sakit tersebut memiliki ijin operatioFnal dan terdaftar sebagai rumah sakit dari pemerintah setempat.

Berapakah SLA pengiriman surat pendingan dari BNI Life ke perusahaan saat diketahui adanya kekurangan dokumen pada saat pengajuan klaim ?

SLA pengiriman surat pendingan dari BNI Life adalah H+8 (hari kerja) untuk softcopy dan H+10 (hari kerja) sejak dokumen klaim di terima oleh BNI Life.  Untuk pengiriman hardcopy surat pendingan akan disertakan dengan copy dokumen pendukung yang diminta kelengkapannya.

Surat pendingan klaim yang dikirimkan oleh BNI Life ke PIC perusahaan melalui apa dan dalam bentuk apa?

Surat pendingan tersebut berupa softcopy yang dikirimkan melalui email dan hardcopy yang dikirimkan ke masing-masing PIC perusahaan.

Provider Relation dan Provider Help Desk

Apakah kartu harus selalu dibawa ketika berobat ?

Ya, kartu Asuransi sebagai identitas bahwa yang memiiki kartu memiliki manfaat Asuransi

Bagaimana jika saya tidak membawa kartu ?

apabila peserta tidak membawa kartu, maka :

  1. Pelayanan RJ & RG : No card No Service untuk , jika kartu pengenal asuransi tidak dibawa maka otomatis pihak Provider kami akan memeberlakukan sebagai pasien umum yang harus membayar tunai untuk kemudian dapat diajukan reimbursement apabila memiliki manfaat tersebut.
  2. Pelayanan RI & RL : jika kartu pengenal asuransi tidak dibawa maka Provider dapat menghubungi  BNI Life untuk melakukan penjaminan manual
Apa yang harus saya lakukan ketika membutuhkan perawatan karena sakit namun tidak membawa kartu karena hilang ?

Hubungi HRD Perusahaan Bapak/Ibu kemudian dari HRD Perusahaan Bapak/Ibu akan menghubungi kami untuk permintaan penjaminan dan permintaan pembuatan kartu baru, Jika Rawat Inap maka dapat diberikan penjaminan Manual namun jika Rawat Jalan maka berlaku sistem Reimburstment (Bapak/Ibu membayar terlebih dahulu). Untuk pembuatan kartu pengganti dikenakan biaya dan akan diterima melalui HRD Perusahaan dalam waktu yang telah disepakati pada Polis.

Jika anak saya belum memiliki kartu apakah bisa menggunakan kartu orangtuanya ?

Apabila bayi baru lahir masuk ke dalam benefit ibunya ataupun di daftarkan baru sesuai dengan ketentuan polis masing-masing, akan tetapi apabila peserta telah memiliki kartu di wajibkan untuk menggunakan kartu masing-masing sesuai dengan manfaatnya.

Bagaimana saya mengetahui manfaat yang saya miliki ?

Untuk Pengguna Gesek Kartu Admedika, manfaat tertera pada struk Admedika ketika di gesek, sedangkan untuk pengguna Manual Card BNI Life manfaat peserta tertera pada kartu BNI Life

Bagaimana jika kamar yang tersedia dirumah sakit melebihi manfaat kamar yang tertera di Kartu ?

BNI Life Memiliki Toleransi standart kamar 25% atau 50.000 mana yang lebih rendah, ataupun apabila kondisi tersebut masih penuh maka naik 1 tingkat lebih tinggi selama 2x24 jam, setelah 2x24 jam peserta harus kembali ke kamar yang sesuai dengan haknya, apabila tetap stay akan terkena selisih kamar ataupun prorate tergantung produk Asuransi kesehatan yang dipilihkan (Ascharge / inner limit). Ketika berlaku di luar polis standart maka mengikuti ketentuan Polis dan TC yang ada pada system.

Bagaimana jika manfaat asuransi saya habis sedangkan limit istri/anak saya masih utuh apakah bisa dialihkan ?

Manfaat asuransi tidak bisa dialihkan dan disubsidi silang antar peserta dalam suatu keluarga karena masing2 peserta memiliki benefit per orang sesuai manfaat yang diambil

Jika anak saya sakit namun tidak terdaftar apakah bisa ditukar pendaftarannya dengan kakaknya yang sudah terdaftar ?

Tidak bisa, karena masing2 peserta memiliki benefit per orang sesuai kartu

Apakah dapat melakukan pelayanan kesehatan di luar provider BNI Life ?

pelayanan kesehatan di luar provider BNI Life dapat dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut: 

  1. Pelayanan Rawat jalan & Rawat Gigi dapat dilakukan secara tunai untuk kemudian dilakukan reimbursement apabila memiliki manfaat tersebut.
  2. Pelayanan Rawat Inap & Rawat Lahir dapat di lakukan manual case by case  dari BNI Life kepada pihak Rumah Sakit Non Provider apabila di Rumah Sakit tersebut dapat menerima penjaminan BNI Life dengan ketentuan full cover terlebih dahulu.
Apakah dapat terjadi ekses susulan setelah Dokumen klaim diterima oleh BNI Life ?

Ya, Apabila terdapat biaya-biaya yang belum di cantumkan pada billing ketika peserta pulang, ataupun kesalahan posting pada system Admedika yang mana seharusnya tidak dijaminkan.

Dimanakah saya bisa mengetahui daftar rumah sakit rekanan BNI Life ?

Daftar rumah sakit rekanan BNI Life dapat dilihat pada website kami di www.bni-life.co.id dan melalui customer portal.

Apakah saya bisa mengetahui billing sementara pada saat saya dirawat di RS?

Pasien dapat mengetahui billing sementara dengan menanyakan langsung kepada pihak RS karena BNI Life selalu mengirimkan perhitungan kepada pihak RS selama pihak RS mengirimkan detail atau perincian biayanya.


Apa yang menyebabkan jaminan pulang peserta pada saat di RS sering lama?

- Penjaminan  pulang berdasarkan atas dokumen dari pihak RS diterima lengkap oleh BNI Life.
-Adanya alur proses kepulangan pasien sesuai dengan ketentuan internal RS, seperti halnya pengisian resume medis diruang keperawatan, proses verifikasi biaya dibagian admin terkait dengan ada tidaknya retur obat yang nantinya data-data ini dikirimkan ke BNI Life.

Claim Reimbursement

Apa saja persyaratan pengajuan klaim Optima Cash Plan (OCP) BNI ?

Persyaratan pengajuan klaim OCP BNI apabila menggunakan Non BPJS Kesehatan / Penjamin lainnya / biaya sendiri adalah : 

  1. Formulir pengajuan klaim Optima Cash Plan
  2. Surat keterangan RS dimana tertera informasi tanggal masuk dan keluar RS 
  3. Copy resume medis

Persyaratan pengajuan klaim OCP BNI apabila menggunakan BPJS Kesehatan adalah :

  1. Formulir pengajuan klaim Optima Cash Plan
  2. Surat keterangan RS dimana tertera informasi tanggal masuk dan keluar RS 
  3. Copy resume medis
Berapa lama pembayaran klaim Optima Cash Plan ?

Lama pembayaran klaim OCP sebagai berikut :

  1. 3 (tiga) hari kerja untuk klaim normal, dokumen lengkap dan tidak memerlukan verifikasi lebih lanjut.
  2. 30 (tiga puluh) hari kalender untuk klaim yang memerlukan  verifikasi lebih lanjut.
Apakah peserta Dana Kesehatan Masa Pensiun (DKMP) memperoleh manfaat santunan duka ?

Manfaat santunan duka hanya diperoleh untuk peserta OCP pemegang polis YKP sedangkan peserta OCP pemegang polis YDD tidak mendapatkan manfaat santunan duka.

Bagaimana cara pengajuan klaim untuk Coordination of benefit (koordinasi manfaat) , dimana sebagian biaya telah ditanggung oleh perusahaan asuransi lain tapi sisanya ingin diajukan ke BNI Life ?

Peserta dapat mengirimkan formulir klaim pelayanan medis dengan melampirkan salinan semua kwitansi/dokumen klaim yang telah dilegalisir oleh perusahaan asuransi lain disertai  dengan surat pemberitahuan asli dari perusahaan asuransi lain  tentang jumlah klaim yang sudah diajukan dan telah dibayarkan oleh perusahaan asuransi lain beserta rinciannya, kwitansi asli pembayaran ekses klaim oleh peserta berupa selisih kelas / pengecualian asuransi lain namun ditanggung oleh BNI Life di rumah sakit

Bagaimana cara pengajuan klaim untuk perusahaan asuransi lain ?

Peserta dapat mengajukan surat permohonan penerbitan surat keterangan penggantian klaim oleh BNI Life dan sisa klaim yang tidak ditanggung oleh BNI Life untuk Koordinasi Benefit (COB) dengan asuransi/ penjamin lain (disebutkan nama perusahaan penjamin ke-2 tersebut) ke BNI Life melalui email customer BNI Life.

BNI Life akan mengeluarkan surat pemberitahuan asli tentang jumlah pengajuan klaim dan jumlah yang sudah diganti oleh BNI Life disertai salinan dokumen klaim dan melegalisrnya.  

Apabila peserta telah memiliki keanggotan BPJS Kesehatan, apakah klaim yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan dapat dijaminkan BNI Life ?

Dapat dijaminkan oleh BNI Life selama memenuhi ketentuan manfaat dalam polis asuransi BNI Life

Berapa lama pembayaran klaim One Day Claim Service (ODCS) dan Same Day Claim Payment (SDCP) ?

Pengajuan klaim ODCS dibayarkan maksimal satu hari berikutnya (H+1) sedangkan pengajuan klaim SDCP dibayarkan pada hari yang sama (H+0) terhitung sejak dokumen klaim lengkap diterima di BNI Life

Apakah pengajuan klaim 25 menit dapat diajukan melalui messenger ?

Tidak bisa, karena salah satu persayaratan pengajuan klaim 25 menit adalah diwajibkan datang langsung ke customer care BNI Life

Apakah kertas struk/nota pembayaran dapat dianggap sebagai kwitansi ?

Struk/nota pembayaran bukan merupakan kwitansi asli sehingga pengajuan klaim dengan struk/ nota pembayaran tidak bisa mendapatkan penggantian

Dokumen apa saja yang diperlukan untuk pengajuan klaim meninggal dunia ?

Dokumen yang diperlukan untuk pengajuan klaim meninggal dunia adalah :

1. Karena Sakit

  • Surat pemberitahuan dari Pihak Perusahaan
  • Surat keterangan kematian dari RS (apabila yang bersangkutan meninggal di RS)
  • Surat keterangan kematian dari kelurahan (apabila yang bersangkutan meninggal di rumah)
  • Tanda bukti diri sebagai ahli waris

2.   Karena Kecelakaan

  • Surat pemberitahuan dari Pihak Perusahaan
  • surat keterangan dari kepolisian untuk kecelakaan dimana pihak kepolisian dilibatkan.
  • Tanda bukti diri sebagai ahli Waris.
Dokumen apa saja yang diperlukan untuk persyaratan pengajuan klaim ?

Dokumen yang diperlukan untuk persyaratan pengajuan klaim adalah :

A. Pengajuan klaim rawat inap : 

  1. Surat pengantar dokter untuk rawat inap
  2. Formulir pengajuan Klaim rawat inap
  3. Kuitansi asli yang dilengkapi dengan alamat dan nomor telepon instansi tersebut yang dapat dihubungi
  4. Rincian biaya perawatan
  5. Rincian obat yang digunakan 
  6. Rincian dan kesimpulan hasil laboratorium dan pemeriksanaan penunjang diagnostik lain sesuai indikasi medis dan rujukan dokter  
  7. Resume medis

B. Persyaratan klaim rawat jalan :

  1. Kuitansi asli yang dilengkapi dengan alamat dan nomor telepon instansi tersebut yang dapat dihubungi
  2. Rincian biaya pengobatan
  3. Salinan resep obat dari dokter
  4. Rincian dan kesimpulan hasil laboratorium dan pemeriksanaan penunjang diagnostik lain sesuai indikasi medis dan rujukan dokter  
  5. Resume medis yang mencantumkan diagnosa medis

C. Persyaratan klaim kacamata :

  1. Kuitansi asli yang dilengkapi dengan alamat dan nomor telepon optik tersebut yang dapat dihubungi
  2. Ukuran lensa kacamata dari dokter spesialis mata (untuk pengajuan klaim kacamata pertama kali ke PIHAK KEDUA)
  3. Ukuran lensa kacamata dari optic (untuk pengajuan klaim kacamata kedua, dst ke PIHAK KEDUA)

D. Persyaratan klaim rawat gigi :

  1. Kuitansi asli yang dilengkapi dengan alamat dan nomor telepon instansi tersebut yang dapat dihubungi
  2. Rincian biaya pengobatan
  3. Salinan (copy) resep obat dari dokter
  4. Rincian dan kesimpulan hasil laboratorium dan pemeriksaan penunjang diagnostic lain sesuai indikasi medis dan rujukan dokter
  5. Resume medis yang mencantukan diagnosa medis

E. Persyaratan klaim melahirkan :

  1. Kuitansi asli yang dilengkapi dengan alamat dan nomor telepon instansi tersebut yang dapat dihubungi
  2. Rincian biaya pengobatan
  3. Rincian obat yang digunakan
  4. Rincian dan kesimpulan hasil laboratorium dan pemeriksaan penunjang diagnostic lain sesuai indikasi medis dan rujukan dokter
  5. Resume medis

F. Persyaratan pengajuan klaim Rawat Jalan pre dan post rawat inap :

  1. Kuitansi asli (bertanggal, stempel & tandatangan, alamat & no telepon)
  2. Rincian biaya pengobatan
  3. Resume Medis yang mencantumkan diagnosa medis
  4. Salinan resep obat dari dokter
  5. Salinan kesimpulan hasil penunjang (laboratorium, radiologi, CT Scan, dll)
Apakah dalam mengajukan klaim reguler dapat diwakilkan oleh orang lain ?

Pengajuan klaim reguler dapat dikirimkan oleh peserta sendiri, diwakilkan oleh orang lain atau melalui PIC perusahaan ke BNI Life.

Berapakah SLA pengajuan klaim reguler ?

SLA pengajuan klaim reguler adalah 10 hari kerja sejak berkas diterima lengkap.

Claim Provider

Apakah Program bayi tabung termasuk kedalam manfaat fasilitas kesehatan yang dijamin oleh BNI Life

Program tersebut tidak termasuk kedalam manfaat fasilitas kesehatan yang dijamin oleh BNI Life (kontrol kehamilan) namun untuk biaya melahirkannya dapat dijamin oleh BNI Life pada manfaat melahirkan, jika peserta ingin merencanakan program bayi tabung maka peserta dapat menghubungi Divisi HCT untuk memperoleh informasi perihal persyaratan untuk persetujuan program ini

Mengapa saat penggesekan kartu di Rumah Sakit untuk case rawat jalan pasien sudah membayar ekses , namun setelah selesai berobat dan diverifikasi oleh BNI Life timbul kembali ekses klaim susulan.

Hal ini terjadi karena pihak Rumah Sakit salah posting (contoh biaya dokter masuk ke konsul dokter dan obat) atau biaya non medis dan supplement masih dijamin oleh pihak Rumah Sakit.

Bagaimana cara perhitungan selisih kelas jika hak kelas peserta penuh atau peserta naik kelas atas permintaan sendiri

Jika hak kelas peserta penuh maka peserta dapat menempati kelas kamar satu  tingkat diatas haknya selama 2 hari saja, jika melebihi 2 hari  maka kelebihan biaya merupakan tanggungan peserta (dibebankan kepada peserta)

Untuk perhitungan selisih kelas karena permintaan sendiri maka pada saat masuk Rumah Sakit peserta harus menentukan pilihan system kelas atau harga kamar, hal tersebut menjadi dasar BNI Life untuk proses verifikasi klaim, jika peserta memilih harga kamar maka perhitungan selisih kelas yang berlaku menggunakan system prorate namun jika peserta memilih system kelas maka perhitungan selisih kelas yang berlaku menggunakan tariff kelas perawatan di Rumah Sakit.

Bagaimana cara pengajuan klaim untuk perusahaan asuransi lain (Coordination of Benefit) ?

Peserta dapat mengajukan surat permohonan penerbitan surat keterangan penggantian klaim oleh BNI life untuk Koordinasi Benefit (COB) dengan asuransi / penjamin lain (disebutkan nama perusahaan penjamin ke 2 tersebut) ke BNI Life.

BNI Life akan mengeluarkan surat pemberitahuan asli tentang jumlah pengajuan klaim yang diganti oleh BNI life dan yang tidak diberikan penggantian oleh BNI life disertai salinan dokumen klaim yang sudah cap legalisir (copy kuitansi sesuai asli) selanjutnya BNI life akan mengirimkan surat koordinasi Benefit (COB) tersebut ke perusahaan dimana peserta ditempatkan bukan ke asuransi penjamin ke -2

Mengapa plafon Medical Check Up pegawai dengan level IIA yaitu Rp. 750.000 namun pada saat diproses plafon Medical Check Up peserta menjadi Rp. 500.000

Penurunan plafon Medical Check Up pegawai dari Rp 750.000 menjadi Rp. 500.000 dikarenakan pegawai mengikuti program Fleksible benefit dimana pegawai yang mengikuti program tersebut untuk plan tertentu dapat turun satu level (contoh plan MCU dapat turun dari kelas IIA dengan plafon Rp. 750.000 menjadi kelas III dengan plafon Rp. 500.000)

Apakah dapat dijamin oleh BNI Life untuk kontrol KB jika tindakan pemasangan KB menggunakan Asuransi lain

Bisa dijamin dengan melampirkan bukti surat keterangan dari pihak Rumah Sakit untuk tindakan pemasangan tersebut

Mengapa jika pegawai menggunakan system Provider untuk klaim anak pegawai yg belum terdaftar ada pendebetan dari pihak YKP.

Untuk klaim anak pegawai yang belum terdaftar dapat diberikan penjaminan kembali setelah pegawai mengirimkan relaas dimana anak pegawai tersebut sudah terdaftar.

Di Optik mana saja yang bisa dilakukan pembelian kacamata dengan penggesekan kartu :

Optik yang sudah menjadi rekanan dan bisa dilakukan dengan penggesekan kartu hanya Optik Tunggal dan Optik Seis

Apakah tindakan microdisectomi dapat dicover? Jika dicover masuk kedalam kategori pembedahan apa?

Tindakan microdisectomi dapat dicover karena tindakan untuk operasi tulang belakang. Kategori pembedahannya masuk kedalam kategori pembedahan besar.

Untuk pemasangan KB, apakah biaya dokter dan administrasi di split atau digabung dengan benefit KB?

Biaya yang masuk kedalam benefit KB adalah alat atau tindakan KB (seperti alat IUD, spiral, susuk, obat KB, atau suntik). Terkait dengan biaya dokter dan administrasi dipisah ke benfit masing-masing.

Jika ada pemeriksaan diagnostik autorefraksi dan slitlamp dengan diagnosa conjuntivitis atau keratosis, akan tetapi peserta tidak memiliki benefit kacamata. Apakah tindakan tersebut dapat dicover di benefit diagnostik/lab?

Tindakan tes diagnostik untuk autorefraksi dan slitlamp dapat dicover selama diagnosa akhir bukan berhubungan dengan refraksi mata (mata minus, presbiop, dll).

Pada tindakan haemodialisa, jika awalnya ada pemsangan cdl dengan tindakan cimino, apakah tindakan cimino dimasukkan kedalam benefit santunan haemodialisa?

Untuk tindakan cimino tidak digabung dalam benefit haemodialisa, tindakan cimino sendiri masuk kedalam benefit pembedahan minor.

Untuk operasi katarak apakah termasuk ODC (One Day Surgery) atau masuk kategori pembedahan?

Operasi katarak termasuk dalam kategori operasi besar, meskipun tidak menginap di RS

Apakah tindakan gastroscocopy, endoscopy diproses dibenefit pembedahan?

Untuk tindakan gastroscopy, endoscopy apabila tidak dilakukan biopsi diproses di benefit Laboratorium tetapi apabila tindakan tersebut disertai biopsi dan ada pemeriksaan Patologi Klinik (PA) akan diproses di benefit operasi kecil.

Apabila perusahaan tidak mengambil benefit suplemen/vitamin tetapi peserta melakukan pengobatan misal dengan diagnosa myalgia dan dokter memberi obat neurobion, apakah neurobion dapat dicover/dibayarkan?

Meskipun perusahaan tersebut tidak mengambil benefit suplemen/vitamin apabila obat yang diberikan oleh dokter sesuai dengan diagnosa & indikasi medis, obat tersebut akan dicover/dibayarkan. Dan ini juga berlaku untuk semua obat-obatan yang berhubungan dengan diagnosa & indikasi medis.

Apakah Tindakan FNAB (Fine Needle Aspiration Biopsi) diproses dibenefit laboratorium?

Tindakan FNAB (Fine Needle Aspiration Biopsi) adalah suatu metode atau tindakan pengambilan sebagian jaringan tubuh manusia dengan suatu alat aspirator berupa jarum suntik yang bertujuan untuk membantu diagnosis berbagai penyakit tumor. Tindakan FNAB akan diproses di benefit operasi kecil/minor

Apakah yang dimaksud dengan Formulir Pengajuan Klaim?

Formulir Pengajuan Klaim adalah formulir yang telah ditetapkan oleh perusahaan yang wajib diisi dengan lengkap, jujur dan benar yang ditandatangani oleh dokter yang merawat dan ditandatangani oleh peserta.

Apakah BNI Life mengeluarkan surat pemberitahuan outstanding atau ekses klaim kepada PIC Perusahaan?

Ya, BNI Life mengeluarkan surat pemberitahuan outstanding atau ekses klaim kepada PIC Perusahaan.

Surat pemberitahuan outstanding atau ekses klaim dikirimkan oleh BNI Life melalui apa?

surat pemberitahuan tersebut berupa softcopy yang dikirimkan melalui email dan hardcopy yang dikirimkan ke masing-masing PIC perusahaan.

Berapa lamakah SLA untuk pembuatan surat COB dari form pengajuan COB diterima oleh BNI Life?

SLA dalam pembuatan surat COB Sama dengan SLA penyelesaian klaim yaitu 10 hari kerja.

Dokumen kelengkapan pengajuan COB BPJS apa saja?

dokumen kelengkapan untuk pengajuan COB BPJS antara lain :
1. Kwitansi asli selisih biaya yang menjadi beban peserta dan telah dibayarkan di Rumah Sakit
2. Copy perincian biaya selama perawatan
3. Resume medis
3. Formulir keterangan rawat inap yang diisi dan ditandatangani oleh petugas administrasi Rumah Sakit serta berstempel asli Rumah Sakit.

Apakah yang dimaksud dengan santunan harian BPJS dan apa saja syarat untuk pengajuannya ?

Santunan harian BPJS adalah santunan yang diberikan kepada peserta yang melakukan pengobatan  atau perawatan dengan menggunakan fasilitas BPJS.
Syarat pengajuan santunan harian BPJS :
-Resume Medis
-Formulir keterangan rawat inap yang diisi dan ditandatangani oleh petugas administrasi Rumah sakit serta berstempel asli di Rumah Sakit.

Apakah BNI Life dapat mengirimkan surat COB ke pihak asuransi ke 2?

Tidak, BNI Life hanya akan mengirimkan surat COB ke alamat perusahaan dimana peserta bekerja.

Apakah BNI Life dapat mengeluarkan surat COB ke pihak asuransi ke 2 lebih dari satu kali?

Tidak, BNI Life hanya akan mengeluarkan satu surat COB ke pihak asuransi ke dua.

Adakah formulir yang harus diisi oleh peserta pada saat mengajukan permohonan COB ke asuransi ke 2 ?

Ada, formulir permohonan COB dapat di download di Web BNI Life.

Apabila nasabah mengajukan COB ke BPJS selaku asuransi kedua (asuransi pemerintah) dan berkas yang dilampirkan harus asli dan bukan copy legalisir, apakah hal tersebut dapat diakomodir?

Dapat diakomodir, namun harus ada surat keterangan yang berisi permohonan pemberian kuitansi asli yang telah di stample “paid” oleh BNI Life utk diajukan ke asuransi ke dua.

Jika terdapat pending berupa no. telpon optik pada pengajuan kacamata (tidak bisa dihubungi) padahal no. telpon aktif, berapa kali bagian terkait mencoba menghubungi optik tersebut?

BNI Life akan melakukan konfirmasi secara rutin sesuai dengan SLA penyelesaian “klaim dalam konfirmasi” yaitu 60 hari sejak surat konfirmasi tersebut dibuat.

Apakah pending berupa tanggal kwitansi dapat dilengkapi dengan Legal Statement ketika nasabah menghubungi Customer care?

Dapat, nasabah memberitahukan tanggal kuitansi dengan melampirkan surat keterangan dari perusahaan.

Claim Life (Individu dan Kumpulan)

Dokumen apa saja yang diperlukan untuk mengajukan klaim Meninggal Dunia?

Dokumen klaim yang diperlukan untuk mengajukan klaim Meninggal Dunia adalah sebagai berikut :

  1. Formulir pengajuan klaim
  2. Polis asli beserta lampiran-lampirannya
  3. Surat kuasa dan pelimpahan wewenang dari Pemegang Polis/Penerima Manfaat untuk meminta keterangan dari pihak ketiga (bila diperlukan)
  4. Surat Keterangan Penyebab Kematian dari rumah sakit atau instansi yang berwenang
  5. Surat keterangan kematian dari Kelurahan/Pejabat diatasnya (asli/Fotokopi legalisir)
  6. Surat keterangan Kematian dari pihak yang berwenang dan dilegalisir oleh serendah-rendahnya Konsul Jenderal Republik Indonesia apabila Tertanggung meninggal di luar negeri (asli)
  7. Fotokopi Akte Meninggal dari Catatan Sipil setempat
  8. Keputusan instansi berwenang yang menyatakan Tertanggung meninggal, apabila Tertanggung hilang dalam suatu musibah
  9. Apabila Tertanggung hilang dan tidak dapat dipastikan apakah sudah meninggal atau belum, diperlukan masa tunggu 2 (dua) tahun atau sudah terdapat penetapan bahwa Tertanggung telah meninggal dari Pengadilan
  10. Berita Acara dari Kepolisian (asli) apabila (Tertanggung) meninggal karena kecelakaan
  11. Bukti Identitas Diri Pemegang Polis, Tertanggung dan Penerima Manfaat yang masih berlaku
  12. Fotokopi Buku Tabungan penerima manfaat (sesuai di Polis) guna pentransferan hasil klaim
Dokumen apa saja yang diperlukan untuk mengajukan klaim Kesehatan Cash Plan?

Dokumen klaim yang diperlukan untuk mengajukan klaim Kesehatan Cash Plan adalah sebagai berikut :

  1. Formulir pengajuan klaim
  2. Fotokopi Polis dan Ringkasan Polis
  3.  Resume Medis yang telah dilengkapi dan ditandatangani oleh dokter yang merawat
  4. Kuitansi (Asli atau Fotokopi legalisir) biaya perawatan dari rumah sakit tempat Tertanggung di rawat
  5. Perincian biaya perawatan selama di rumah sakit
  6. Perincian obat-obatan dan hasil pemeriksaan laboratorium (jika ada), selama menjalani perawatan dirumah sakit
  7. Bukti Identitas Diri Pemegang Polis dan Tertanggung yang masih berlaku
  8. Fotokopi Buku Tabungan guna pentransferan hasil klaim
  9. Surat kuasa dan pelimpahan wewenang dari Pemegang Polis/Penerima Manfaat untuk meminta keterangan dari pihak ketiga (bila diperlukan)
Dokumen apa saja yang diperlukan untuk mengajukan klaim Kesehatan ASKES?

Dokumen klaim yang diperlukan untuk mengajukan klaim Kesehatan ASKES adalah sebagai berikut :

  1. Formulir pengajuan klaim
  2. Fotokopi Polis dan Ringkasan Polis
  3.  Resume Medis yang telah dilengkapi dan ditandatangani oleh dokter yang merawat
  4. Kuitansi Asli biaya perawatan di Rumah Sakit
  5. Perincian biaya perawatan selama di rumah sakit
  6. Perincian obat-obatan dan hasil pemeriksaan laboratorium (jika ada), selama menjalani perawatan dirumah sakit
  7. Bukti Identitas Diri Pemegang Polis dan Tertanggung yang masih berlaku
  8. Fotokopi Buku Tabungan guna pentransferan hasil klaim
  9. Surat kuasa dan pelimpahan wewenang dari Pemegang Polis/Penerima Manfaat untuk meminta keterangan dari pihak ketiga (bila diperlukan)
Dokumen apa saja yang diperlukan untuk mengajukan klaim Critical Illnes?

Dokumen klaim yang diperlukan untuk mengajukan klaim Critical Illnes adalah sebagai berikut :

  1. Formulir pengajuan klaim
  2. Fotokopi Polis dan Ringkasan Polis
  3. Surat kuasa dan pelimpahan wewenang dari Pemegang Polis/Penerima Manfaat untuk meminta keterangan dari pihak ketiga (bila diperlukan)
  4. Resume Medis yang telah dilengkapi dan ditandatangani oleh dokter yang merawat
  5. Fotokopi hasil pemeriksaan laboratorium dan radiologi terkait penyakit yang diderita (jika ada)
  6. .Bukti Identitas Diri Pemegang Polis, Tertanggung dan Penerima Manfaat yang masih berlaku
  7. Fotokopi Buku Tabungan guna pentransferan hasil klaim
Dokumen apa saja yang diperlukan untuk mengajukan klaim Cacat Tetap?

Dokumen klaim yang diperlukan untuk mengajukan klaim Cacat Tetap adalah sebagai berikut :

  1. Formulir surat pengajuan klaim
  2. Fotokopi Polis dan Ringkasan Polis 
  3. Surat kuasa dan pelimpahan wewenang dari Pemegang Polis/Penerima Manfaat  untuk meminta keterangan dari pihak ketiga (bila diperlukan).
  4. Resume medis yang telah dilengkapi dan ditandatangani oleh dokter yang merawat
  5. Surat pernyataan dari dokter yang merawat mengenai kondisi cacat tetap total yang berlanjut dan tidak dapat disembuhkan (untuk klaim Cacat Tetap total)
  6. Fotokopi hasil pemeriksaan laboratorium dan radiologi terkait penyakit yang diderita (jika ada)
  7. Bukti Identitas Diri Pemegang Polis, Tertanggung dan Penerima Manfaat yang masih berlaku
  8. Fotokopi Buku Tabungan guna pentransferan hasil klaim
Kemanakah dokumen klaim dapat saya kirimkan ?

Dokumen klaim dapat dikirimkan ke Kantor Pusat BNI Life atau Kantor Layanan BNI Life di beberapa kota di Indonesia

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk proses klaim?

Jika dokumen klaim sudah dilengkapi sesuai syarat yang ditentukan dalam polis dan tidak diperlukan proses verifikasi lanjutan, klaim akan diproses dalam waktu maksimal 5 hari kerja. Untuk klaim yang memerlukan proses verifikasi lanjutan, akan diproses maksimal 90 hari kalender sejak tanggal surat pemberitahuan verifikasi

Apakah perlindungan tetap berlaku apabila terjadi resiko di luar negeri?

Ya, karena program yang kami berikan mencakup perlindungan di seluruh dunia

Bagaimana dokumen klaim diajukan jika terjadi resiko pada saat sedang berada di luar negeri ?

Dokumen klaim yang diajukan sesuai syarat yang ditentukan dalam polis harus diterjemahkan terlebih dahulu kedalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris oleh penterjemah tersumpah

Apakah saya akan mendapat informasi terkait status klaim yang saya ajukan ?

Ya, Nasabah akan mendapatkan pemberitahuan baik melalui SMS ataupun surat ke alamat Pemegang Polis mengenai status klaim yang diajukan

Apakah dalam mengajukan klaim reguler dapat diwakilkan oleh orang lain?

Pengajuan klaim reguler dapat dikirimkan oleh peserta sendiri, diwakilkan oleh orang lain atau melalui PIC perusahaan ke BNI Life.