close

Halo, Apa yang Anda butuhkan?

Lengkapi data pribadi Anda
di bawah ini!

*Nama Anda
border_color
*Berapa Usia Anda
account_circle
*Tahap Kehidupan
accessibility keyboard_arrow_down
* Tanggungan Anda
group keyboard_arrow_down
* Penghasilan Anda Per Tahun
keyboard_arrow_down
*) Informasi wajib diisi.

Pilih solusi perlindungan
yang sesuai tahap kehidupan Anda.

Solusi perlindungan untuk Anda

FAQ

Lihat pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh nasabah kami, seputar asuransi dan produk-produk BNI Life yang bisa berguna untuk Anda.

    Kategori

  • Klaim 25 Menit
  • One Day Service
  • Peserta Asuransi Individu Unit Link
  • Peserta Asuransi Individu Non Unit Link/Tradisional
  • Peserta Asuransi Kesehatan BNI
  • Peserta Kesehatan Pensiunan BNI
  • Peserta Asuransi Kesehatan Kumpulan/Perusahaan
  • Peserta Dana Pensiun (Anuitas)
  • Peserta Produk Asuransi Telemarketing

Kontak

Tidak menemukan pertanyaan dan jawaban yang Anda inginkan dari kategori yang ada? Hubungi Customer Care dan tim kami akan menghubungi Anda dalam waktu 1x24 jam.

hubungi kami

Klaim 25 Menit

Apakah klaim 25 menit itu?

Klaim 25 menit adalah pemrosesan klaim kesehatan untuk peserta asuransi
kesehatan kumpulan, dimana pembayaran klaim akan dikirimkan ke rekening
peserta dalam jangka waktu 25 menit setelah persyaratan klaim lengkap dan
diproses oleh petugas kami.

Apakah persyaratan pengajuan klaim 25 menit?

Syarat pengajuan klaim 25 menit terdiri dari :
-Kuitansi asli dan sah atas biaya perawatan
-Perincian biaya perawatan
-Kuitansi pembelian obat
-Copy resep obat
-Kuitansi pemeriksaan laboratorium /  pemeriksaan penunjang diagnostik dengan hasilnya
-Perincian pemerikasaan laboratorium / pemeriksaan penunjang diagnostik
-Resume medis
-Pengajuan klaim dengan nominal hingga Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah).

One Day Service

Apakah One Day Service itu?

One Day Service adalah layanan cepat bagi nasabah BNI Life Insurance untuk nasabah yang memiliki polis individu yang melakukan transaksi sebagai berikut:

  • Penarikan Sebagian Polis dengan jumlah < Rp 100,000,000.
  • Pengambilan Tahapan / Manfaat Polis Jatuh Tempo dengan jumlah < Rp 100,000,000.
  • Penutupan Polis dengan jumlah < Rp 100,000,000.
  • Swiching/Top Up Polis.
  • Klaim kesehatan Individu.
  • Klaim kematian/uang pertangunggan bagi ahli waris dengan jumlah < Rp 300,000,000.
Apakah syarat pengajuan transaksi yang dapat diberlakukan sebagai One Day Service?

Apabila dokumen pengajuan Anda diterima lengkap oleh Walk In Customer Service kami sebelum jam 10.30, maka akan pembayaran akan dilakukan keesokan harinya maksimal pukul 17.00. Pengajuan yang kami terima lebih dari pukul 10.30 akan kami berlakukan sebagai pengajuan regular.

Peserta Asuransi Individu Unit Link

Dimana saya bisa memperoleh produk asuransi?

Anda dapat memperoleh produk asuransi melalui:

  • Telepon ke contact centre di nomor 1-500-045.
  • Email ke care@bni-life.co.id
  • Datang langsung ke Pusat Informasi atau BNI Life Customer Centre , daftar lengkap bisa diakses di Kontak → Hubungi Kami.
  • Kantor Cabang BNI terdekat dan Kantor Pemasaran BNI Life, daftar lengkap bisa diakses di Kontak → Tenaga Pemasaran dan Kontak → Kantor Pemasaran.
Apakah produk Unit Link itu?

Produk unit link adalah produk investasi yang mengkombinasikan antara fungsi proteksi dan fungsi investasi.

Bagaimana cara mengetahui perkembangan dana investasi saya?

Dana investasi Anda dapat dipantau melalui :

  • Telepon ke contact centre di nomor 1-500-045.
  • Melalui customer portal, yang dapat diakses melalui website ini pada Portal → Customer Portal.
  • Melalui layanan SMS Centre dengan mengetik SMS dengan format : SALDO [spasi] nomor polis dan kirim ke 0811117626.
  • Datang langsung ke Pusat Informasi atau BNI Life Customer Centre , daftar lengkap bisa diakses di Kontak → Hubungi Kami.
Bagaimana cara menghitung perkembangan dana investasi saya?

Rumus untuk menghitung perkembangan dana invetasi Anda adalah:

“Total Jumlah Unit Investasi x Harga Unit yang Berlaku”

Contoh:

  • Jumlah Unit                : 9.457,3115
  • Harga Unit berlaku   :  Rp 2.234,2114
  • Maka Nilai Investasi :  9.457,3115 x Rp 2.234,2114 = Rp 21.129.633,1666
Bagaimana cara melakukan perubahan pada polis saya miliki?

Anda dapat melakukan perubahan polis dengan cara:

  • Datang langsung ke Pusat Informasi atau BNI Life Customer Centre , daftar lengkap bisa diakses di Kontak → Hubungi Kami.
  • Kantor Cabang BNI terdekat dan Kantor Pemasaran BNI Life, daftar lengkap bisa diakses di Kontak → Tenaga Pemasaran dan Kontak → Kantor Pemasaran.
  • Dengan membawa Polis Asli, Kartu Identitas yang masih berlaku, Buku Tabungan, dan data pendukung atas data yang ingin diubah.
Mengapa harga unit dari produk unit link saya selalu naik turun?

Unit Link merupakan suatu portofolio investasi yang terdiri dari berbagai macam investasi pada surat berharga. Naik turunnya harga unit tersebut disebabkan oleh harga pasar yang berlaku.

Peserta Asuransi Individu Non Unit Link/Tradisional

Bagaimana cara saya mengetahui jatuh tempo tahapan/manfaat polis saya?

Untuk mengetahui jatuh tempo tahapan/manfaat polis, Anda bisa :

  • Melihatnya pada buku polis pada bagian ilustrasi manfaat. 
  • Menghubungi call centre di nomor telepon 1-500-045.
  • Menanyakan via email ke care@bni-life.co.id
  • Syarat pengambilan jatuh tempo tahapan/manfaat adalah:
  1. Mengisi formulir pembayaran mafaat.
  2. Apabila nomor rekening tujuan transfer berbeda dengan nomor rekening yang tercantum dalam buku polis, mengisi formulir surat pembayaran manfaat.
  3. Copy buku tabungan.
  4. Copy Identitas yang masih berlaku.
Apakah saya bisa melakukan penarikan dana diluar jadwal jatuh tempo tahapan/manfaat polis ?

Anda bisa melakukan penarikan sebagian nilai tunai dengan cara 

  • Pengajuan Pinjaman Nilai Tunai. Adapun persyaratannya sbb:
  1. Peminjaman polis bisa dilakukan apabila polis asuransi sudah memiliki nilai tunai dan status polis dalam keadaan aktif.
  2. Dana maksimal yang bisa dipinjam adalah 80% dari total nilai tunai dan besarnya bunga ditentukan oleh PT BNI Life Insurance.
  3. Mengisi formulir pengajuan pinjaman polis, copy buku tabungan dan fotocopy identitas yang berlaku.
  • Pembatalan polis dapat dilakukan dan Anda akan mendapatkan Nilai Tunai yang telah terbentuk (jika ada). Adapun persyaratannya sbb:
  1. Mengisi formulir pengajuan pinjaman polis, copy buku tabungan dan fotocopy identitas yang berlaku.
Apakah pemegang polis, ahli waris, dan tertanggung dapat diubah?

Pemegang polis dan ahli waris dapat dirubah selama terdapat Insurable Interest (kepentingan dalam asuransi) dengan tertanggung. Akan tetapi tertanggung  tidak dapat diubah.

Peserta Asuransi Kesehatan BNI

Bagaimana saya mengetahui sisa benefit dan riwayat klaim saya serta keluarga?

Anda dapat mengetahuinya setiap saat dengan sangat mudah melalui customer portal yang dapat diakses di website ini, pada homepage. Silahkan pilih portal lalu klik customer portal. Selanjutnya silahkan mengikuti instruksi step by step yang ada pada laman tersebut.

Apakah syarat pengajuan klaim reimbursement?

- Persyaratan pengajuan klaim Rawat Inap / Rawat Lahir :

  • Formulir pengajuan klaim Reimbursement
  • Kwitansi Asli (biaya dokter/obat/pemeriksaan Laboratorium).
  • Resume Medis yang dikeluarkan rumah sakit.
  • Perincian biaya perawatan.
  • Copy resep (jika ada).
  • Copy hasil lab (jika ada).

- Persyaratan pengajuan klaim Rawat Jalan :

  • Formulir pengajuan klaim Reimbursement.
  • Kwitansi Asli (biaya dokter/obat/pemeriksaan Laboratorium).
  • Form Rawat Jalan yang diisi oleh dokter yang merawat atau diagnose medis yang diberikan dokter yang merawat.
  • Copy resep (jika ada).
  • Copy hasil lab (jika ada).

- Persyaratan pengajuan klaim Kaca Mata :

  • Formulir pengajuan klaim Reimbursement.
  • Kwitansi Asli (biaya dokter/optik), apabila harga kacamata lebih dari Rp 1 juta maka optic wajib memberikan kwitansi bermeterai.
  • Form Rawat Jalan yang diisi oleh dokter yang merawat (jika ada).
  • Ukuran lensa dari dokter dan optik.
Bagaimana saya mengetahui bahwa berkas klaim saya telah diterima oleh BNI Life dan telah dibayarkan?

Anda dapat melakukan pengecekan dengan mengakses customer portal anda yang bisa diakses pada laman home pada website ini. Adapun pembayaran klaim dilakukan dengan bank transfer ke rekening payroll pegawai.

Saya mendapatkan surat mengenai status klaim saya yaitu pending dan meminta berkas sebagai persyaratan verifikasi lanjutan. Apa yang harus saya lakukan agar klaim saya dapat segera diproses pembayarannya?

Untuk pengajuan klaim peserta yang status klaimnya di pending, artinya ada berkas yang belum dilengkapi pada saat pengajuan klaim pertama. Supaya dapat segera diproses pembayarannya maka segala kelengkapan klaim yang diminta harus dilengkapi.

Saya memiliki asuransi lain selain BNI Life, apakah bisa dilakukan pengcoveran dobel jika atas biaya perawatan saya? Apa sajakah syaratnya?

Bisa, dan prosedur ini dinamakan Coordination of Benefit (COB). Apabila BNI Life sebagai penjamin pertama, maka Anda cukup mengisi Form Permintaan Coordination of Benefit, dan kami akan memproses permintaan Anda begitu tagihan dari RS/Klinik atas perawatan terkait kami terima.

Sebaliknya jika ada ingin mengklaimkan kelebihan tagihan perawatan dari Asuransi lain kepada BNI Life. Anda cukup menyerahkan surat COB yang diterbitkan asuransi lain kepada BNI Life, dan kami akan memproses nya sesuai benefit Anda.

Peserta Kesehatan Pensiunan BNI

Apakah benefit kesehatan yang saya dapatkan dari BNI Life sebagai pensiunan BNI?

Anda mendapatkan santunan harian apabila menjalani rawat inap sesuai jumlah hari rawat inap dikalikan dengan benefit harian yang tercantum dikartu peserta yang Anda miliki.

Apakah syarat kelengkapan klaim kesehatan pensiunan BNI?

Syaratnya sebagai berikut :

  • Mengisi formulir pengajuan Optima Cash Plan (OCP)
  • Copy resume medis / surat keterangan dari RS berstempel dan tanda tangan dokter yang merawat , yang berisi:
  1. Tanggal perawatan yaitu tanggal masuk dan tanggal keluar RS
  2. Diagnosa medis
Apakah keluarga saya masih mendapatkan benefit kesehatan dari BNI Life setelah saya pensiun?

Anda dan pasangan mendapatkan benefit kesehatan santunan harian rawat inap sampai dengan saldo Optima Group Saving Anda habis.

Apakah klaim peserta kesehatan pensiunan BNI dapat dilakukan speedy claim/klaim 25 menit?

Bisa, dengan syarat  sebagai berikut:

  • Peserta datang langsung ke Walk-In Customer BNI Life dan Kantor Layanan BNI Life (jika diwakilkan   olehpasangan yang terdaftar / keluarga, diwajibkan membawa kartu kepesertaan).
  • Nominal penggantian klaim / jumlah santunan ≤ 10 juta.
  • Dokumen yang diterima lengkap dan tidak memerlukan verifikasi lebih lanjut (termasuk pengecualian polis).
  • Mengisi formulir klaim 27 menit.
  • Nomor rekening Inhouse BNI atas nama peserta.

Peserta Asuransi Kesehatan Kumpulan/Perusahaan

Bagaimana saya mengetahui sisa benefit dan riwayat klaim saya serta keluarga?

Anda dapat mengetahui nya setiap saat dengan sangat mudah melalui customer portal yang dapat diakses di website ini, pada homepage. Silahkan pilih portal lalu klik customer portal. Selanjutnya silahkan mengikuti instruksi step by step yang ada pada laman tersebut.

Dimanakah saya bisa menggunakan kartu peserta kesehatan saya secara cashless?

BNI Life telah bekerja sama dengan lebih dari 1500 rekanan Rumah Sakit dan Klinik di seluruh Indonesia.  Anda dapat melihat daftar rekanan provider BNI Life secara lengkap dan update di website dengan meng klik Layanan → Directory.

Bagaimana cara saya berobat di rumah sakit/klinik rekanan BNI Life?

Sangat mudah, Anda cukup menunjukkan kartu peserta Anda pada saat sebelum berobat  kepada petugas administrasi Rumah Sakit/Klinik, dan petugas akan memproses penjaminan pengobatan Anda sesuai alur dan benefit yang tersedia.

Jika saya memiliki dokter keluarga yang belum bekerjasama dengan BNI Life, apakah saya bisa melakukan klaim reimburse?

Anda bisa melakukan klaim reimburse jika melakukan pengobatan pada dokter/klinik/RS yang belum bekerjasama dengan Admedika. 

Adapun syarat klaim reimbursement adalah sebagai berikut:

- Persyaratan pengajuan klaim Rawat Inap / Rawat Lahir :

  • Formulir pengajuan klaim Reimbursement.
  • Kwitansi Asli (biaya dokter/obat/pemeriksaan Laboratorium).
  • Resume Medis yang dikeluarkan rumah sakit.
  • Perincian biaya perawatan.
  • Copy resep (jika ada).
  • Copy hasil lab (jika ada).

- Persyaratan pengajuan klaim Rawat Jalan :

  • Formulir pengajuan klaim Reimbursement.
  • Kwitansi Asli (biaya dokter/obat/pemeriksaan Laboratorium).
  • Form Rawat Jalan yang diisi oleh dokter yang merawat atau diagnose medis yang diberikan dokter yang merawat.
  • Copy resep (jika ada).
  • Copy hasil lab (jika ada).

- Persyaratan pengajuan klaim Kaca Mata :

  • Formulir pengajuan klaim Reimbursement.
  • Kwitansi Asli (biaya dokter/optik), apabila harga kacamata lebih dari Rp 1 juta maka optic wajib memberikan kwitansi bermeterai.
  • Form Rawat Jalan yang diisi oleh dokter yang merawat (jika ada).
  • Ukuran lensa dari dokter dan optic.
Apakah saya bisa menikmati layanan klaim 25 menit?

Bisa, Persyaratan klaim 25 menit dapat diproses adalah sebagai berikut:

  • Perusahaan dalam keadaan aktif dalam system BNI Life.
  • Rekening penerima manfaat yang terdaftar di sistem adalah rekening karyawan/bukan rekening perusahaan.
  • Peserta/keluarga datang sendiri ke Walk In Centre/Service Support .
  • Jumlah pengajuan < Rp 10 juta/pengajuan.
  • Klaim yang dapat diproses adalah klaim Rawat Inap, Rawat Jalan, Rawat Gigi, One Day Care/Surgery, Rawat Melahirkan dan Kacamata.
  • Dokumen klaim lengkap, mengikuti persyaratan klaim  pada asuransi kesehatan kumpulan.
Berapa lama klaim saya dibayarkan setelah diserahkan kepada HRD tempat saya bekerja?

Berkas klaim akan dibayarkan 10 (sepuluh) hari kerja sejak klaim diterima lengkap oleh Kantor Pusat BNI Life Insurance.

Peserta Dana Pensiun (Anuitas)

Manfaat apakah yang saya dapatkan dari polis anuitas saya?

Manfaat polis anuitas Anda dapat dibaca pada polis dan jika kurang jelas Anda dapat menghubungi HRD perusahaan atau datang langsung ke BNI Life Customer Care yang daftarnya bisa anda lihat pada website ini dengan meng klik Kontak → Hubungi Kami dan scroll kebawah.

Bagaimana jika pegawai sudah meninggal dan saya sebagai ahli waris ingin mengubah rekening penerimaan manfaat?

Anda dapat menghubungi HRD perusahaan tempat almarhum/mah bekerja atau datang ke datang langsung ke BNI Life Customer Care yang daftarnya bisa anda lihat pada website ini dengan meng klik Kontak → Hubungi Kami dan scroll kebawah.

Adapun syaratnya adalah :

  • Akta Kematian.
  • Kartu Keluarga.
  • KTP Almarhum/mah dan Ahli waris.
  • Copy buku tabungan.
  • Polis asli.

Peserta Produk Asuransi Telemarketing

Apakah produk Telemarketing yang dimaksud?

Produk Telemarketing adalah produk perlindungan asuransi yang dipasarkan lewat oleh tenaga pemasar BNI Life lewat telepon. Anda tidak perlu direpotkan dengan berbagai macam administrasi, cukup dengan kata setuju dari Anda, maka otomatis Anda akan mendapatkan proteksi asuransi sesuai dengan penawarannya. Adapun untuk kenyamanan transaksi, pembicaraan Anda akan direkam sebagai dasar penutupan asuransi tersebut.

Saya sudah menyetujui penutupan asuransi per telepon namun hingga saat ini buku polis belum saya terima, apa yang harus saya lakukan?

Anda bisa menghubungi call centre kami di 1-500-045 untuk mengetahui status pengiriman buku polis.

Manfaat perlindungan apa saja yang saya dapatkan dari polis yang saya miliki?

Anda dapat melihat pada buku polis yang anda terima atau jika kurang jelas dapat :

  • Menghubungi 1-500-045.
  • datang langsung ke BNI Life Customer Care yang daftarnya bisa anda lihat pada website ini dengan meng klik Kontak → Hubungi Kami dan scroll kebawah